SEMINAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SMAN 1 TARAKAN TAHUN 2020

  Guna mewujudkan tenaga kependidikan yang handal khususnya tenaga guru, pada Hari Kamis, 12 November 2020, bertempat di SMAN 1 Tarakan diselenggarakan kegiatan Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tema "Mewujudkan Peningkatan Mutu dan Profesionalisme Guru Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)". Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, kegiatan seminar diawali dengan acara pembukaan pukul 08.15 dan dibuka oleh Bpk. H Mahmudin, S.Pd selaku Kasi PSMA Dinas Pendidikan Cabang Kota Tarakan. Diantara yang hadir dalam kegiatan pembukaan seminar adalah Bapak Zulkifli, S.Pd, M.Pd selaku Pengawas SMA Kota Tarakan-Bunyu, Ibu Weti Heri Murtiningrum, S.Pd.T selaku Kepala SMAN 1 Tarakan, Team Pembahas Seminar, Penyaji atau pemakalah, dan Semua Peserta Seminar.

        Pemakalah dalam kegiatan seminar terdiri dari tenaga pendidik (Guru) SMAN 1 Tarakan yang berjumlah 20 arang dan telah melakukan Penelitian Tindakan Kelas baik sebelum Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diberlakukan maupun setelah PJJ diberlakukan. Sebagian besar pemakalah menyoroti penerapan PJJ dan Permasalahan, khususnya dalam penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam KBM daring.

        Diantara judul-judul PTK yang diseminarkan pada kesempatan tersebut adalah "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gerak Lurus Menggunakan Aplikasi Google Classroom Kelas X MIPA 1 semester 1 SMAN 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2020/2021" dan "Peningkatan Hasil Belajar Konsep Elektrokimia Pada Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Google Classroom Kelas XII Semester Ganjil SMAN 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2020/2021". Kedua judul PTK tersebut masing-masing disampaikan oleh  Sudarjo, S.Pd, M.Pd.Si selaku guru Fisika dan Trisejati, S.Pd, M.Pd.Siselaku guru Kimia.

         Melalui seminar tersebut dapat diketahui berbagai permasalahan dalam penerapan PJJ dan bagaimana cara menyelesaikannya sehingga PJJ dapat berjalan secara efektif. Diantara permasalahan yang dikemukakan selama pelaksanaan PJJ di SMAN 1 Tarakan adalah: HP android yang dipakai bersama dalam satu keluarga, akses gangguan jaringan data/internet, dan kurangnya pengetahuan tentang penggunaan beberapa aplikasi pendukung dalam PJJ.

        Beberapa penyelesaian masalah yang dikemukakan dalam kegiatan seminar, antara lain:

  1. Cara mengatasi apabila sebuah HP dipakai bersama-sama dalam satu keluarga, yakni dengan memasang beberapa email berbasis google pada HP tersebut.
  2. Perlunya disampaikan pada siswa cara membuat email berbasis gmail, cara mengganti nama profil email agar sesuai dengan namanya, dan cara mengganti email di HP-nya agar mereka bisa masuk ke classroom sesuai mata pelajaran yang diikutinya.
  3. Perlunya disampaikan informasi melalui WA group di kelasnya tentang cara bergabung ke classroom dan cara menggunakan berbagai fitur yang ada dalam classroom sebelum pembelajaran melalui aplikasi google Classroom dimulai.
        Disamping materi di atas, dalam seminar juga dibahas mengenai berbagai model, metode, dan strategi dalam rangka meningkatkan prestsi belajar peserta didik selama PJJ karena pandemi covid-19. Kegiatan seminar diakhiri dan ditutup oleh Kepala SMAN 1 Tarakan pada pukul 15.45.


Postingan populer dari blog ini

SUMBER BELAJAR